STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA
DAERAH (JAWA) SMP / MTs
KELAS
/ SEMESTER
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
VII / 1
|
MENDENGARKAN
|
1.1 Menyimpulkan inti dari isi informasi
/ berita yang diperdengarkan.
1.2. Menanggapi
isi informasi / berita yang diperdengarkan
|
BERBICARA
|
2.1 Menceritakan
pengalaman pribadi
2.2 Menceritakan
riwayat hidup tokoh yang diidolakan.
|
|
MEMBACA
|
3.1 Mengungkapkan
isi wacana sastra
3.2 Mengungkapkan
riwayat hidup tokoh yang diidolakan.
|
|
MENULIS
|
4.1 Menulis
berita / cerita
4.2 Menulis
dengan menggunakan huruf Jawa.
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA
DAERAH (JAWA) SMP / MTs
KELAS
/ SEMESTER
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
VII / 2
|
MENDENGARKAN
|
5.1 Menyimpulkan
isi cerita yang diperdengarkan.
5.2 Menemukan
relevansi isi cerita dengan kehidupan sehari-hari
|
BERBICARA
|
6.1 Menerapkan
dialog dengan menggunakan berbagai ragam bahasa
|
|
MEMBACA
|
7.1 Membaca
puisi
|
|
MENULIS
|
8.1 Menulis
sinopsis cerita fiksi menggunakan huruf latin
8.2 Menulis
menggunakan huruf Jawa
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA
DAERAH (JAWA) SMP / MTs
KELAS
/ SEMESTER
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
VIII / 1
|
MENDENGARKAN
1.
Mengapresiasi
prosa melalui kegiatan mendengarkan
|
1.1. Menemukan inti prosa yang
diperdengarkan
1.2. Menemukan unsur instrinsik prosa
|
BERBICARA
2.
Mengungkapkan
berbagai informasi melalui wawancara
|
2.1. Berwawancara dengan menggunakan
berbagai ragam bahasa
2.2. Mempresentasikan hasil wawancara
menggunakan ragam bahasa krama
|
|
MEMBACA
3.
Membaca
nyaring teks berhuruf latin / jawa
|
3.1. Membaca teks berhuruf latin dengan
lafal yang benar
3.2. Membaca teks berhuruf Jawa dengan
lafal yang benar.
|
|
MENULIS
4.
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, gagasan dan informasi dalam bentuk surat dengan huruf latin dan Jawa.
|
4.1. Menulis surat pribadi dengan
menggunakan ragam bahasa Jawa yang baik dan benar.
4.2. Menulis dengan huruf Jawa
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA
DAERAH (JAWA) SMP / MTs
KELAS
/ SEMESTER
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
VIII / 2
|
MENDENGARKAN
5.
Mengapresiasi
puisi yang diperdengarkan
|
5.1. Menemukan inti puisi.
5.2. Menemukan unsur instrinsik puisi
|
BERBICARA
6.
Diskusi
dan mengemukakan argumentasi
|
6.1. Berdiskusi dengan memperhatikan
prinsip-prinsip dan etika diskusi
6.2. Mengemukakan argumentasi
|
|
MEMBACA
7.
Membaca
ekspresif
|
7.1. Membaca prosa dengan penghayatan
7.2. Membaca tembang sesuai dengan
titilaras.
|
|
MENULIS
8.
Mengungkapkan
pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif
|
8.1. Menulis kalimat yang mengandung basa
rinengga
8.2. Membuat parikan dengan memperhatikan
ciri dan kaidah penulisan parikan
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA
DAERAH (JAWA) SMP / MTs
KELAS
/ SEMESTER
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
IX / 1
|
MENDENGARKAN
|
1.1. Menemukan isi pesan drama.
1.2. Menunjukkan relevansi drama dengan
situasi sekarang
|
BERBICARA
2.
Mengungkapkan pikiran, informasi dan gagasan melalui
berpidato
|
2.1. Berpidato untuk berbagai keperluan
|
|
MEMBACA
3.
Membaca
wacana berhuruf latin / jawa dengan teknik membaca cepat
|
3.1. Menemukan gagasan utama wacana
berhuruf latin dengan membaca cepat 150 kata per menit
3.2. Menemukan gagasan utama suatu teks
dengan membaca cepat 10 kata per menit.
|
|
MENULIS
4.
Mengungkapkan
perasaan, pikiran dan informasi dalam bentuk tembang
|
4.1. Membuat tembang macapat sesuai
kaidah.
|
STANDAR
KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA
DAERAH (JAWA) SMP / MTs
KELAS
/ SEMESTER
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
IX / 2
|
MENDENGARKAN
5.
Mengapresiasikan
cerita pewayangan
|
5.1. Menemukan isi cerita.
5.2. Menemukan relevansi pesan cerita
dengan kehidupan sehari-hari
|
BERBICARA
6.
Bermain
peran
|
6.1. Melakukan kegiatan bermain peran.
|
|
MEMBACA
7.
Memahami
wacana berhuruf latin / jawa dengan teknik membaca cepat
|
7.1. Menemukan gagasan utama wacana
berhuruf latin dengan membaca cepat 150 kata per menit
7.2. Menemukan gagasan utama suatu teks
dengan membaca cepat 10 kata per menit.
|
|
MENULIS
8.
Mengungkapkan
perasaan, gagasan dan informasi serta pengalaman dalam prosa dan puisi
|
8.1. Menulis laporan kegiatan
8.2. Menulis puisi tentang pengalaman
yang mengesankan.
|
S I L A B U S
Sekolah : SMP
NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA
DAERAH
Kelas / Semester : VII
/ 1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami informasi / berita yang diperdengarkan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.
Mendengarkan
1.1 Menyimpulkan
inti dari isi informasi / berita yang diperdengarkan
|
Informasi / berita
|
Komunikatif
|
o
Mendengarkan pembacaan informasi/ berita
o
Menjawab pertanyaan tentang isi berita / informasi
o
Menyimpulkan isi
informasi / berita
|
o
Mampu menjawab pertanyaan tentang isi berita
o
Mampu menyimpulkan isi
informasi / berita
|
Tes
tulis
Tes tulis
|
Tes
uraian
Tes uraian
|
Ø Sapa kang dadi paraga ana ing pawarta iku ?
Ø Coba kepriye dudutane pawarta kang mentas kok
rungukake?
|
4
x 40’
|
§ Teks informasi / berita dari majalah / buku berbahasa jawa
§ Buku ajar
§ LKS
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.2 Menanggapi isi
informasi / berita yang diperdengarkan
|
Informasi / berita
|
Komunikatif
|
o
Mendengarkan /
mengulas kembali informasi yang diperdengarkan
o
Memberikan
tanggapan atas isi informasi / berita yang diperdengarkan
o
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan seputar isi informasi /berita yang diperdengarkan
|
o
Mampu menanggapi isi
informasi / berita yang diperdengarkan
o
Mampu menjawab pertanyaan
tentang isi berita
|
Tes
tulis
Tes tulis
|
Tes
uraian
Tes tulis
|
Ø Tulisen panyaruwe (kritik) pamrayoga ngengingi
pawarta kang korungokake!
Ø Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki !
1.
Ngatur babagan apa
apa wae RUU guru lan dhosen ?
2.
Apa wae sertifikasine
guru lan dhosen ?
|
2 x 40’
|
§ Teks informasi / berita dari majalah / buku berbahasa jawa
§ Buku ajar
§ LKS
|
S I L A B U
S
Sekolah : SMP NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA DAERAH
Kelas / Semester : VII / 1
Standar
Kompetensi : 2. Menceritakan pengalaman pribadi dan tokoh yang
diidolakan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.
Berbicara
2.1Menceritakan pengalaman pribadi
|
Pengalaman pribadi
|
Kreatif, komunikatif
|
o
Melakukan Tanya
jawab seputar pengalaman yang dimiliki
o
Menuliskan
pengalaman pribadi yang menarik dalam bahasa jawa
o
Menceritakan
pengalaman yang telah dituliskan di depan kelas
o
Menjawab pertanyaan
yang diajukan seputar cerita pengalaman tersebut
|
o
Mampu menulis cerita
pengalaman pribadi dalam berbagai raga, bahasa Jawa termasuk dialek
o
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan terhadap materi yang diceritakan
o
Menceritakan
pengalaman pribadi yang menarik
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
Tes tulis
Uji petik kerja
|
Ø Coba tulisen pengalamanmu ana buku tugasmu !
Ø Kapan prastawa iku kedadeyan lan ing ngendi ?
Ø Coba critakna pengalamanmu ing ngarep kelas !
|
4
x 40’
|
§ Buku ajar
§ Pengalaman siswa
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.
Berbicara
2.2Menceritakan riwayat hidup tokoh yang diidolakan
|
Tokoh idola
|
Kreatif, komunikatif
|
o
Melakukan Tanya
jawab seputar tokoh idola
o
Mendengarkan
pembacaan riwayat tokoh Untung Suropati
o
Menjawab pertanyaan
seputar tokoh Untung Suropati
o
Menuliskan riwayat
hidup tokoh yang diidolakan dengan ragam dan gaya bahasa sendiri
o
Menceritakan
kembali di depan kelas tulisan tentang riwayat hidup tokoh yang diidolakan
tsb.
|
o
Mampu menulis
menceritakan kembali riwayat hidup tokoh yang diidolakan dengan ragam dan
gaya bahasa sendiri
|
Tes unjuk kerja
|
Uji petik kerja
|
Ø Kejaba critane Untung Suropati, pahlawan utawa tokoh
sapa wae sing paling koksenengi ? Coba critakna nganggo basamu dhewe murih
sing ngrungokake seneng!
|
4
x 40’
|
§ Buku ajar
§ Pengalaman siswa
|
S I L A B U
S
Sekolah : SMP NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA DAERAH
Kelas / Semester : VII / 1
Standar
Kompetensi : 3. Membaca intensif, teks sastra dan non sastra
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.
Membaca
3.1Mengungkap-kan
isi wacana sastra
|
Wacana sastra (cerpen)
|
Gemar membaca
|
o
Membaca teks wacana
sastra
o
Menyebutkan dan
menuliskan unsur instrinsik yang terdapat dalam karya sastra
o
Menjawab dan
mengajukan pertanyaan
o
Membuat ringkasan
cerita ke dalam ragam bahasa lain.
o
Menceritakan
kembali isi bacaan secara lisan
|
o
Menyebutkan dan
menuliskan unsur instrinsik yang terdapat dalam karya sastra
o
Menjawab dan
mengajukan pertanyaan
o
Membuat ringkasan
cerita ke dalam ragam bahasa lain.
o
Menceritakan
kembali isi bacaan secara lisan
|
Tes
tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Uraian
Tes tulis
Uraian
Lembar penilaian
|
Ø Saka wacan kasebut aranana unsure instrinsik !
Ø Wangsulana pitakon-pitakonan ing ngisor iki nganggo
basa karma!
Ø Gawea ringkesan crita kuwi mau nganggo basamu dhewe
!
Ø Critakna crita mau ing ngarep kelas
|
4
x 40’
|
§ Teks wacana sastra
§ Buku ajar
§ LKS
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.2Mengungkap-kan isi wacana non sastra
|
Wacana non sastra
|
Gemar membaca
|
o
Membaca teks wacana non
sastra
o
Menyebutkan dan
menuliskan topik bacaan
o
Menjawab dan
mengajukan pertanyaa
o
Menuliskan kembali bacaan ke dalam ragam bahasa lain
missal ngoko
o
Mampu menceritakan
kembali isi bacaan baik secara lisan maupun tertulis
|
o
Menyebutkan dan
menuliskan topik bacaan
o
Menjawab dan
mengajukan pertanyaan
o
Menuliskan kembali bacaan ke dalam ragam bahasa lain
missal ngoko
o
Mampu menceritakan
kembali isi bacaan baik secara lisan maupun tertulis
|
Tes
tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes tulis
Uraian
Uraian
Uji petik kerja
|
Ø Sawise maca wacan kasebut coba golekana tema wacan
kasebut !
Ø Wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki nganggo
basa krama!
Ø Wacan ing dhuwur kuwi mau rembugen karo
kanca-kancamu, banjur salinana nganggo basa ngoko!
Ø Critakna surasane wacan kuwi ana ing ngarep kelas
|
4
x 40’
|
§ Teks geguritan
§ Antologi puisi Jawa
|
S I L A B U S
Sekolah : SMP
NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA
DAERAH
Kelas / Semester : VII
/ 1
Standar
Kompetensi : 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan gagasan dalam bentuk
narasi sederhana dan mengungkapkan berbagai informasi dengan huruf Latin dan
Jawa.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.
Menulis
4.1 Menulis berita / cerita
|
Berita / cerita
|
Kreatif
|
o
Menyusun paragraf cerita
o
Menulis cerita /
karya sastra sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
|
o
Menulis cerita /
karya sastra sederhana dengan menggunakan ragam bahasa.
|
Tes
tulis
|
Tes
tulis
|
Ø Adedhasar patokan ngarang crita ing ngarep mau,
saiki gawea karangan utawa crita
|
4
x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
§ Pengalaman siswa
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.2 Menulis
dengan menggunakan huruf Jawa
|
Menulis huruf Jawa
|
Kerja keras
|
o
Menulis huruf Jawa
dengan menggunakan pasangan dan sandhangan
o
Menulis dengan
huruf Jawa menggunakan ater-ater anuswara dan tripurusa
o
Menulis dengan
huruf Jawa kata-kata berakhiran I, a, ake, ne, ana, na , en.
|
o
Menulis huruf Jawa
dengan menggunakan pasangan dan sandhangan
o
Menulis dengan
huruf Jawa menggunakan ater-ater anuswara dan tripurusa
o
Menulis dengan
huruf Jawa kata-kata berakhiran I, a, ake, ne, ana, na , en.
|
Tes
tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Ø Tulisen nganggo aksara jawa :
1. Nata bata sanga
2. Tana lunga wanasaba
Ø Tulisen :
1.
Nata ndudut
2.
Dikandhani
Ø Tulisen :
|
4
x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
§ Wewaton panulise
aksara Jawa
|
Mengetahui
Kepala SMPN 1 Bandar
Drs.
Bambang Muwiyono
NIP. 19551115 198202 1 004
|
Ngadirojo, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
SUHARTANTO,
S.Pd.
NIP. 19770123 200903 1 001
|
S I L A
B U S
Sekolah : SMP
NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA
DAERAH
Kelas / Semester : VIII
/ 1
Standar
Kompetensi : 1. Mengapresiasi prosa melalui kegiatan mendengarkan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.Mendengarkan
1.1 Menemukan inti prosa yang diperdengarkan
|
Cerita pendek / cerita cekak
|
Gemar membaca, toleransi
|
o
Mendengarkan
pembacaan cerita cekak
o
Membahas kata-kata
yang belum dipahami artinya
o
Menjawab pertanyaan
bacaan sehubungan dengan cerkak
o
Menemukan inti
cerkak yang diperdengarkan
|
o
Menemukan inti
cerita cekak yang diperdengarkan
|
Tes
tulis dan unjuk kerja
|
Tes
tulis dan uji petik kerja
|
Ø Wangsulana pitakon-pitakonan ing ngisor iki!
-
Sapa wae paraga
crita iku ?
Ø Coba golekana inti cerkak iku, tulisen banjur
critakna ing ngarep kelas !
|
4
x 40’
|
§ Cerita cekak
§ Buku ajar
§ Lks
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.2 Menemukan unsur instrinsik cerita pendek
|
Cerita pendek / cerita cekak
|
Gemar membaca
|
o
Mendengarkan
pembacaan cerita cekak
o
Membahas kata-kata
yang belum dipahami artinya
o
Menyebutkan dan menjelaskan unsur instrinsik
cerpen
o
Menemukan unsur
instrinsik cerpen yang diperdengarkan
o
Menceritakan
kembali cerpen yang diperdengarkan
|
o
Menyebutkan dan
menjelaskan unsur instrinsik cerpen
o
Menemukan unsur
instrinsik cerpen yang diperdengarkan
o
Menceritakan
kembali cerpen yang diperdengarkan
|
Tes
tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes tulis
Uraian
Lembar penilaian
|
Ø Apa wae kang kalebu unsur instrinsik crita cekak?
Ø Coba terangna unsur instrinsik cerkak iku!
Ø Critakna maneh crita cekak iku nganggo basamu dhewe
!
|
4
x 40’
|
§ Cerita cekak
§ Buku ajar
§ Lks
|
S I L A B U
S
Sekolah : SMP NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA DAERAH
Kelas / Semester : VIII / 1
Standar
Kompetensi : 2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui
wawancara
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.
Berbicara
2.1Berwawancara dengan menggunakan berbagai ragam
bahasa
|
Teks
/ naskah wawancara
|
Tanggung jawab, komunikatif
|
o
Menjelaskan
berbagai ragam bahasa jawa
o
Menggunakan
berbagai ragam bahasa Jawa
o
Memahami berbagai
tata krama dalam wawancara
o
Berwawancara dengan
menggunakan berbagai ragam bahasa jawa dengan memperhatikan tata krama
|
o
Mampu Menggunakan
berbagai ragam bahasa Jawa
o
Mampu Memahami
berbagai tata krama dalam wawancara
o
Berwawancara dengan
menggunakan berbagai ragam bahasa jawa dengan memperhatikan tata krama
|
Tes
tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes tulis
Tes tulis
Uji petik kerja
|
Ø Basa jawa iku
kaperang dadi pira ? Kepriye tuladha pangganggone?
Ø Kepriye unggah-ungguhe wawan rembug?
Ø Tindakna wawan
rembug karo salah sijine tokoh sakupengmu !
|
4
x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
§ Pengalaman siswa
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.2Mempresentasikan hasil wawancara menggunakan ragam
bahasa krama
|
Teks
/ naskah wawancara
|
Tanggung jawab, kreatif
|
o
Memahami berbagai
tata krama dalam wawancara
o
Berwawancara dengan
menggunakan berbagai ragam bahasa jawa dengan memperhatikan tata karma
o
Menyampaikan hasil
wawancara menggunakan ragam bahasa karma
o
Menanggapi hasil
wawancara
|
o
Menyampaikan hasil
wawancara menggunakan ragam bahasa krama
|
Tes
unjuk kerja
|
Lembar
penilaian
|
Ø Coba wakil kelompok maju ing ngarep kelas, banjur
laporna asile wawanrembug kang wus kok tindakake !
|
4
x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
§ Pengalaman siswa
|
S I L A B U
S
Sekolah : SMP NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA DAERAH
Kelas / Semester : VIII / 1
Standar
Kompetensi : 3. Membaca nyaring teks berhuruf latin / jawa.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
|||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||
3.
Membaca
3.1 Membaca teks berhuruf latin dengan lafal yang benar
|
Teks
berhuruf latin
|
Gemar membaca,
|
o
Diberikan teks
bacaan berhuruf latin
o
Melafalkan huruf
latin dengan benar
o
Membaca teks
berhuruf latin dengan lafal yang benar
|
o
Mampu Melafalkan
huruf latin dengan benar dengan usaha yang terus menerus
o
Membaca teks
berhuruf latin dengan lafal yang benar
|
Tes
tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes
tulis
Lembar penilaian
|
Ø Wacanen wacan kang wus sumadia, banjur wangsulana
pitakon ngisor iki :
-ana ing ngendi papan dununge tandha sirene iku ?
Ø Wacan ing
ngisor iki wacanen kanthi lafal kang
bener!
|
4 x 40’
|
§ Buku ajar
§ Majalah basa Jawa
|
|||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||||||||||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||||||||||
3.2 Membaca teks
berhuruf jawa dengan lafal yang benar
|
Teks
berhuruf jawa
|
Gemar membaca
|
o
Mengenali aksara
Jawa dan melafalkannya dengan benar
o
Membaca teks
berhuruf jawa dengan lafal yang benar
|
Tes
tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes
tulis
Lembar penilaian
|
Ø Tes tulis
Wangsulana pitakonan ing ngisor iki uga nganggo aksara Jawa !
1 ?apk=fiarnigeguritnHiku?
Ø Tes unjuk kerja
Wacan ing wacanen kanthi pakecapan kang bener!
|
4 x 40’
|
§ Buku ajar
§ Majalah basa Jawa
|
||||||||
S I L A B U
S
Sekolah : SMP NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA DAERAH
Kelas / Semester : VIII / 1
Standar
Kompetensi : 4. Mengungkapkan pikiran, gagasan, perasaan dan informasi dalam
bentuk surat dengan huruf latin
dan huruf Jawa
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/ Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.
Menulis
4.1 Menulis surat
pribadi dengan menggunakan ragam bahasa Jawa yang baik dan benar
|
Menulis
surat pribadi
|
Kreatif
|
o
Mempelajari teknik menulis surat pribadi menggunakan
bahasa yang baik
o
Menyusun surat pribadi
o
Menyebutkan
bagian-bagian surat pribadi
o
Menyusun kalimat
dalam bahasa jawa dengan baik dan benar
o
Menulis surat
pribadi dengan ragam bahasa jawa yang baik dan benar
|
o
Menyebutkan
bagian-bagian surat pribadi
o
Menyusun kalimat
dalam bahasa jawa dengan baik dan benar
o
Menulis surat
pribadi dengan ragam bahasa jawa yang baik dan benar
|
Tes
tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes tulis
Tes tulis
Uji petik kerja
|
Ø Aranana bageyane layang pribadi!
Ø Coba gawea ukara nganggo basa krama alus!
Ø Gawea layang marang
wong tuwamu lan kancamu
|
4
x 40’
|
§ Contoh layang
iber-iber
§ Buku ajar
§ LKS
§ Pepak basa
§ Pengalaman pribadi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.2 Menulis dengan huruf Jawa
|
Menulis
dengan huruf jawa
|
Kerja keras
|
o
Mengulas kembali
tentang huruf jawa yang telah dipelajari
o
Menulis dengan
huruf jawa
o
Mengkoreksi
pekerjaan tsb
|
o
Menulis dengan
huruf jawa dengan baik dan benar
|
Tes
tulis
|
Tes tulis
|
Ø Tullisen nganggo aksara jawa !
Ø Lunga menyang sala !
Ø Wis dakbalekake layang iku
|
2 x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
§ Pepak basa
§ Pengalaman pribadi
|
Mengetahui
Kepala SMPN 1 Bandar
Drs.
Bambang Muwiyono
NIP. 19551115 198202 1 004
|
Bandar, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
SUHARTANTO,
S.Pd.
NIP. 19770123 200903 1 001
|
S I L A B U
S
Sekolah : SMP NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA DAERAH
Kelas / Semester : IX / 1
Standar Kompetensi : 1.
Mengapresiasikan drama yang diperdengarkan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1. Mendengarkan
1.1 Menemukan isi pesan dari drama
|
Teks
naskah drama
|
Rasa ingin tahu
|
o Pembacaan naskah drama
o Menyebutkan dan menuliskan topic drama
o Menemukan isi pesan dari drama
o Menyebutkan dan menuliskan perwatakan tokoh yang ada
dalam cerita drama dengan bahasa sendiri
o Membuat rangkuman
dan menceritakan kembali isi drama yang didengar dengan bahasa sendiri
|
o
Mampu menyebutkan
dan menuliskan topic drama yang didengarkan
o
Mampu menemukan isi
pesan dari drama
o
Mampu menyebutkan
dan menuliskan perwatakan tokoh yang ada dalam cerita drama yang dengan bahasa sendiri
o
Mampu membuat
rangkuman cerita drama dan menceritakan kembali isi drama yang didengar
dengan bahasa sendiri
|
Tes
tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Ø Coba sebutna topic/crita drama kang wis korungokake
!
Ø Amanat kang bisa kapetik saka drama iku ?
Ø Coba gawea ringkesan crita drama maul an critakna
nganggo basamu dhewe !
Ø Coba aranana para paraga ing crita drama iku lan
kepiye watake ?
|
6 x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
|
1. Mendengarkan
1.2
Menunjukkan relevansi drama yang diperdengarkan
|
Teks
naskah drama
|
Rasa ingin tahu
|
o Pembacaan naskah drama
o
Menyebutkan dan menuliskan ajaran / piwulang
yang terdapat dalam cerita drama
o Menunjukkan
relevansi cerita drama dengan situasi sekarang
|
o
Mampu menyebutkan
dan menuliskan ajaran / piwulang yang terdapat dalam cerita drama
o
Mampu menunjukkan
relevansi cerita drama dengan situasi sekarang
|
Tes
tulis
Tes tulis
|
Tes tulis
Uraian
|
Ø Sawise maca teks drama Mburu uceng kelangan deleg,
coba aranana piwulang apa kang bisa kapethik saka crita iku mau ?
Ø Kepriye miturut
panemumu crita drama iku yen
dibandingake / karo jaman saiki ?
Relevansine kepriye ?
|
4 x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
|
S I L A B U
S
Sekolah : SMP NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA DAERAH
Kelas / Semester : IX / 1
Standar
Kompetensi : 2. Mengungkapkan pikiran, informasi dan gagasan melalui berpidato
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.
Berbicara
2.1 Berpidato untuk berbagai keperluan
|
Teks
pidato
|
Komunikatif, tanggung jawab
|
o
Membacakan contoh naskah pidato
o
Menemukan hal
penting dalam pidato yang diperdengarkan
o
Menyimpukan isi
pidato yang diperdengarkan
o
Membuat contoh teks
pidato
o
Berpidato di depan kelas dengan artikulasi
dan ekspresi yang baik
|
o
Mampu menemukan hal
penting dalam pidato yang diperdengarkan
o
Mampu menyimpukan
isi pidato yang diperdengarkan
o
Mampu membuat
contoh teks pidato
o
Mampu berpidato di
depan kelas dengan artikulasi dan ekspresi yang baik
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes tulis
Uraian
Lembar penilaian
Lembar penilaian
|
Ø Apa wae kang bisa kapethik saka sesorah iku ?
Ø Kepriye dudutane tanggap wacana mau ?
Ø Gawea teks pidato
parepatan karang taruna !
Ø Wacanen pidhatomu iku ing ngarep kelas
|
6 x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
§ Sekar sumawur
|
S I L A B U
S
Sekolah : SMP NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA DAERAH
Kelas / Semester : IX / 1
Standar
Kompetensi : 3. Membaca wacana berhuruf latin / jawa dengan teknik membaca
cepat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.
Membaca
3.1 Menemukan gagasan utama dalam wacana berhuruf latin dengan
membaca cepat 150 kata per menit
|
Teks
wacana berhuruf latin
|
Gemar membaca
|
o
Membaca wacana
o
Membaca wacana 150 kata / menit
o
Menemukan gagasan
utama dari sebuah wacana dengan teknik membaca cepat
|
o
Mampu membaca wacana 150
kata / menit
o
Mampu menemukan
gagasan utama dari sebuah wacana dengan teknik membaca cepat
|
tes
uji kerja produk
tes tulis
|
Lembar
penilaian diri
Tes tulis
|
1.
Wacan ing ngisor
iki wacanen kanthi premati (ukuren kecepetan macamu , gunakna rumus kaya kang
wus diterangake)
2.
Tulisen bakune
gagasan saben-saben paragraph wacana ing dhuwur !
|
4
x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
§ Buku/majalah berbahasa jawa
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
3.
Membaca
3.2Menemukan gagasan
utama dalam wacana suatu teks dengan membaca cepat 150 kata per menit
|
Teks
wacana berhuruf jawa
|
Gemar membaca
|
o
Membaca wacana berhuruf
jawa
o
Membaca wacana
berhuruf jawa dengan membaca cepat 10 kata per menit
o
Menemukan gagasan
utama suatu teks dengan membaca cepat 10 kata per menit
o
Menjawab pertanyaan
bacaan
|
o
Mampu membaca
wacana berhuruf jawa dengan membaca cepat 10 kata per menit
o
Mampu menemukan
gagasan utama suatu teks dengan membaca cepat 10 kata per menit
o
Mampu menjawab
pertanyaan bacaan
|
tes
uji kerja produk
tes tulis
tes tulis
|
Lembar
penilaian diri
Tes tulis
Tes tulis
|
1. Wacan ing ngisor iki wacanen kanthi premati (ukuren
kecepetan macamu , gunakna rumus kaya kang wus diterangake)
2. Tulisen bakune gagasan saben-saben paragraph wacana
ing dhuwur
3. Sapa kang dadi paraga crita ing dhuwur iku ?
|
6 x 40’
|
§ Buku ajar
§ LKS
§ Buku/majalah berbahasa jawa
|
S I L A B U
S
Sekolah : SMP
NEGERI 1 BANDAR
Mata Pelajaran : BAHASA
DAERAH
Kelas / Semester : IX
/ 1
Standar
Kompetensi : 4. Mengungkapkan perasaan, pikiran dan
informasi dalam bentuk tembang
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok/
Pembelajaran
|
PBKB
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
4.
Menulis
4.1 Membuat tembang
macapat sesuai kaidah
|
Tembang
macapat
|
Teliti
|
o
Melagukan tembang macapat
o
Mengetahui guru
gatra, guru lagu dan guru wilangan dari tembang macapat
o
Mengetahui tata
cara mengarang tembang macapat
o
Menulis tembang
macapat dengan memperhatikan guru gatra, guru lagu dan guru wilangan
|
o
Mampu mengetahui guru
gatra, guru lagu dan guru wilangan dari tembang macapat
o
Mampu mengetahui
tata cara mengarang tembang macapat
o
Mampu menulis
tembang macapat dengan memperhatikan guru gatra, guru lagu dan guru wilangan
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes tulis
Tes tulis
Lembar
penilaian
|
Ø Kepriye paugeran tembang sinom iku?
Ø Kepriye carane gawe/ngarang tembang macapat iku ?
Ø Gawea tembang
macapat manut paugeran kang trep !
|
6 x 40’
|
§ Buku aja
§ LKS
|
Mengetahui
Kepala SMPN 1 Bandar
Drs.
Bambang Muwiyono
NIP. 19551115 198202 1 004
|
Bandar, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
SUHARTANTO,
S.PD.
NIP.19770123 200903
1 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar